Penyebab Jerawat di Hidung dan Cara Menghilangkannya

Jerawat bisa muncul di bagian mana saja pada kulit tubuh, termasuk di bagian hidung. Selain menyebabkan nyeri, jerawat yang tumbuh di area hidung seringkali merusak penampilan, hal ini karena jerawat di area ini kelihatan mencolok dan lebih susah ditutupi dengan bedak. Mengetahui penyebab jerawat di hidung merupakan langkah awal untuk menghilangkan jerawat di hidung sepenuhnya. Simak informasi dasar mengenai jerawat yang tumbuh di area hidung maupun di dalam hidung dalam artikel berikut ini.

Penyebab jerawat di hidung


Hampir sama dengan penyebab jerawat di bibir, jerawat yang muncul di area hidung biasanya disebabkan oleh diet tidak sehat (makanan pedas, asin dan berminyak), konstipasi, kembung / gas lambung, ketidakseimbangan sistem pencernaan, gangguan pencernaan, dan kondisi sirkulasi darah yang tidak lancar jika kulit di area hidung mengelupas. Jerawat di hidung juga bisa timbul karena adanya produksi minyak berlebih dan terkena kotoran seperti debu sehingga mengendap di bagian pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat.

Baca juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi.

Penyebab jerawat di dalam hidung


Selain tumbuh di area hidung, jerawat juga bisa tumbuh di dalam hidung. Jerawat di dalam hidung bisa jadi merupakan pertanda terjadinya infeksi di dalam hidung, misalnya infeksi akibat rambut tumbuh ke dalam, infeksi karena bakteri staphylococcus, dll. Jerawat karena infeksi semacam itu bisa disebabkan kebiasaan yang kurang baik, seperti terlalu sering mengupil, mengupil dengan tangan kotor atau membuang cairan hidung dengan keras.

Meski tidak terlihat, jerawat di hidung bagian dalam harus ditangani dengan tepat. Jika tidak, selain dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri, kuman yang terdapat di jerawat dapat menyebar ke otak.

Baca juga: Jerawat di Dagu dan Rahang.

Cara menghilangkan jerawat di hidung


Beberapa langkah yang bisa membantu mengatasi jerawat di hidung baik jerawat di area luar maupun dalam hidung:
  • Batasi konsumsi makanan pedas, daging-dagingan, dan makanan tinggi garam
  • Makan makanan hangat (tidak terlalu dingin atau panas)
  • Dapatkan lebih banyak udara segar
  • Berolahraga secara teratur setiap hari (misalnya berjalan-jalan)
  • Pijat area sekitar hidung untuk sirkulasi yang lebih baik
  • Pastikan mendapatkan asupan vitamin B yang cukup

Baca juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi

Bahan alami seperti lemon, madu, bawang putih, cuka, dan es batu juga bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat hidung. Bisa juga mengoleskan krim jerawat, minum obat anti jerawat, atau perawatan secara mekanik seperti peeling atau mikrodermabrasi.

Jika jerawat di hidung tidak kunjung sembuh dalam jangka panjang, sebaiknya periksakan ke dokter kulit. Kadang memang jerawat akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Namun, untuk mencegah jerawat bertambah parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Posting Populer