Penyebab Jerawat di bibir dan Cara Menghilangkannya

Kehadiran jerawat di wajah baik di dagu, dahi atau pipi pasti tidak diinginkan. Selain di ketiga area tersebut, jerawat juga bisa muncul di bibir. Dibandingkan jerawat di dahi, jerawat di daerah bibir biasanya terasa lebih nyeri dan membuat makan dan minum menjadi tidak nyaman.


Penyebab jerawat paling umum karena faktor kebersihan. Meski begitu, sama halnya dengan jerawat di pipi, munculnya jerawat di area bibir ternyata bisa juga karena faktor lain.

Faktor lain penyebab jerawat di bibir yang paling sering termasuk di antaranya karena konstipasi/sembelit, pengaruh penggunaan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride berlebih dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas atau gorengan. Lebih lanjut, komedo putih (whitehead) kecil yang muncul di atas bibir bisa mengindikasikan masa ovulasi pada wanita.

Konstipasi atau sembelit 


Jerawat di sekitar area bibir umumnya disebabkan oleh konstipasi atau sembelit. Sembelit merupakan suatu kondisi adanya masalah pada sistem pencernaan, di mana seseorang mengalami susah buang air besar dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini akan yang menyebabkan akumulasi zat beracun dalam tubuh yang pada akhirnya mungkin memicu timbulnya jerawat terutama di area bibir.

Untuk mencegah maupun menghilangkan jerawat di bibir yang disebabkan oleh masalah konstipasi atau sembelit, sembuhkan terlebih dahulu konstipasi tersebut dengan memperbanyak konsumsi makananan berserat dan minum air putih. Pilihlah sayuran berwarna hijau segar serta buah-buahan segar yang mengandung serat dan cairan yang tinggi, seperti pepaya, semangka serta jeruk.

Baca juga: Penyebab Jerawat di Hidung dan Cara Menghilangkannya

Penggunaan pasta gigi


Adanya ketidakcocokan dengan salah satu kandungan dalam pasta gigi bisa membuat jerawat muncul di area sekitar bibir. Reaksi alergi berupa kulit yang mengelupas, berjerawat di sekitar bibir dan mulut, gatal-gatal atau kemerahan bisa terjadi jika kulit sensitif terhadap bahan aktif sodium laurel sulfat atau flouride yang terdapat dalam produk pasta gigi atau obat kumur. Penyebabnya karena busa yang memicu iritasi pada kulit. Untuk menghilangkan jerawat di bibir, periksa pasta gigi dan obat kumur yang Anda gunakan. Hindari penggunaan pasta gigi dan obat kumur dengan kandungan fluoride berlebih jika jerawat di bibir disebabkan oleh hal ini. Sebaliknya pilihlah pasta gigi berbahan herbal yang lebih ramah pada kulit.

Baca juga: Jerawat di Dagu dan Rahang - Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Makan Makanan yang Pedas dan Berminyak


Terlalu sering atau banyak mengonsumsi makanan pedas dan berminyak bisa memicu jerawat di bibir, terutama yang memiliki alergi pada kedua
jenis makanan tersebut. Selain itu, perpaduan makanan pedas dan berminyak mengandung lemak tinggi. Lemak yang menumpuk dari makanan pedas berminyak tersebu akibat terlalu sering mengkonsumsinya bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Hindari makanan pedas dan gorengan jika jerawat di bibir Anda dikarenakan hal ini.

Demikian penyebab jerawat di area bibir dan cara menghilangkan jerawat di bibir. Bagaimanapun, semakin bertambah usia, kondisi kulit juga akan semakin menua. Perawatan sejak dini akan sangat membantu perbaikan kondisi kulit dan mencegah timbulnya jerawat yang parah dan berkelanjutan.

Posting Populer