Cara agar Tetap Sehat dan Awet Muda

Ada banyak cara agar tetap sehat dan awet muda. Banyak yang mengambil jalan lewat bedah kosmetik dengan mengeluarkan biaya beberapa puluh bahkan ratus juta rupiah. Ada juga obat oral yang dirancang untuk menghilangkan radikal bebas di tubuh. Beberapa bahkan bereksperimen dengan kosmetik yang berbeda dan menerapkannya pada kulit, wajah dan bagian tubuh lainnya, dengan harapan bisa mendapatkan manfaat tetap awet muda dan berpenampilan muda. Namun, ini semua dilakukan secara artifisial dan mungkin menimbulkan beberapa efek samping. Tetap sehat dan tetap awet muda pada saat bersamaan sulit dicapai dengan cara buatan seperti ini. Semua orang akan harus menghadapi dilema seperti ini kecuali kalau ia cukup beruntung dianugerahi gen awet muda.



Meski demikian, ada cara alami dan bebas risiko untuk memperlambat efek penuaan pada sistem tubuh kita. Percaya atau tidak, beberapa di antaranya berkaitan dengan efek psikologis dari watak individu. Beberapa penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa pandangan individu yang positif akan membantu individu tersebut tetap sehat dan awet muda.

Baca juga: Sakit Pinggang Sebelah Kiri/Kanan Tanda Hamil

Senyuman mengusir keriput

Senyuman yang banyak pada waktu yang tepat bermanfaat bagi individu tersebut karena memproyeksikan citra dari pandangan yang positif baik untuk diri sendiri maupun untuk orang - orang yang ditemui. Tersenyum tidak hanya memperlihatkan energi positif, tapi juga memungkinkan individu tersebut untuk menahan diri dari mengkhawatirkan terlalu banyak hal, dibandingkan bila kerutan atau wajah bingung dan cemas yang ditampilkan.

Selanjutnya, tersenyum dalam praktiknya tidak meregangkan kulit di dahi yang akan menyebabkan dan meningkatkan tekanan lipatan pada kulit. Kulit yang ada pada dahi menyebabkan keriput berlipat, dan mengerutkan kening atau khawatir akan mempertegas semua lipatan tersebut setiap kali seseorang melakukan hal sebaliknya.

Baca juga: Sakit Pinggang Saat Hamil 9 Bulan

Tertawalah maka masalahnya akan menjauh

Orang sering mengatakan bahwa tertawa adalah obat terbaik, yang memang mengandung beberapa kebenaran di dalamnya. Selain perspektif positif yang diproyeksikan oleh senyuman, sebenarnya menertawakan masalah bisa membangkitkan semangat jiwa dan meningkatkan kepercayaan diri orang tersebut. Dengan tidak melihat masalah sebagai beban tapi sebagai tantangan yang harus ditaklukkan, metode di mana solusi yang dilakukan akan membutuhkan usaha dan energi yang lebih sedikit, dan karenanya efisiensi yang lebih baik pada keseluruhan fungsi tubuh.

Pernah mencoba olahraga seperti ice skating untuk yang pertama kali? Efeknya serupa dimana pemicu stres dari sebuah masalah sejalan dengan besarnya usaha yang dikeluarkan oleh si pemain skat (skater) untuk mencoba dan menyeimbangkan kedua bilah pisau pada sepatunya. Segera setelah pemain skat tersebut bisa mengatasi pemicu stres tersebut dan menerimanya sebagaimana adanya, rasa kebas pada kaki berkurang karena jumlah otot yang dibutuhkan untuk mempertahankan keseimbangan yang sama pada sepatu skating akan berkurang.

Pada dasarnya, mampu menertawakan masalah dan stres mendorong pelepasan hormon endorfin yang memberikan sedikit rasa euforia yang akan meningkatkan kesehatan psikologis individu bersangkutan.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Sakit Pinggang saat Hamil

Berlari menuju lawan Anda

Biasanya, orang pasif yang tidak memiliki keinginan untuk menjadi agresif pada semua hal akan cenderung menghindar pada tanda awal serangan. Mereka akan menemukan cara lain
untuk menjauhi masalah dan menghindari konflik namun tetap berhasil mendapatkan penyelesaian atas masalahnya. Meskipun ide menghindari konflik ini mungkin tampak bagus sebagai sarana tetap sehat dan awet muda dengan cara tidak mengijinkan stres besar mempengaruhi kerangka psiko-fisiologis seseorang, masih ada resiko dari stres yang mungkin mengikuti dari belakang. Ini akan meningkatkan risiko gangguan psikologis pada orang tersebut, terutama jika ia belum sepenuhnya menyelesaikan masalah utamanya.

Baca juga: Jerawat di Dagu dan Rahang - Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah adalah menghadapinya. Menghadapi masalah tidak berarti orang tersebut harus melawannya secara langsung. Kebaikan dari menghadapi masalah dan menertawakannya sebagai tanda percaya diri akan bertahan lebih lama. Anggap saja begini. Sebuah perahu layar kecil terperangkap dalam badai dan ombaknya cukup
besar. Satu-satunya cara untuk selamat dari gelombang besar yang akan datang adalah bergegas dan menyelinap melewatinya. Mencoba untuk mengekspos sisi yang lebih luas dan berusaha mengungguli gelombang hanya akan membuat perahu layar kecil tersebut terguling dengan mudah.

Kapan pun terburu-buru melawan terbukti sebagai kegagalan Anda, Anda masih akan memiliki beberapa kesempatan untuk memikirkan bagaimana cara untuk melaluinya secara efisien. Dengan berlatih menghadapi ketakutan, seseorang bisa memiliki pengetahuan tangan pertama dalam menangani situasi serupa di masa depan.

Tetap sehat dan awet muda itu pengkondisian psikologis yang sederhana dari seorang individu untuk berlatih melihat hidup lebih dari sekedar masalah dan rintangan, sebaliknya sebagai tantangan dan perlombaan yang bisa ditaklukkan memuaskan ego dan jiwa seseorang. Pikiran yang sehat selanjutnya akan mendukung tubuh yang sehat dan awet muda dengan baik.

Posting Populer